Peninjauan Lapak di 5 Kelurahan

KECAMATAN TAMAN – Ditengah-tengah kesibukannya di kantor, Camat Taman H. Wahyudi juga menyempatkan untuk melihat lapak yang berada di beberapa kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Taman pada hari Kamis, 11 Februari 2021. Lapak yang ditinjau pada hari tersebut adalah Lapak Kelurahan Taman (Donopuran), Kejuron, Mojorejo, Manisrejo, dan Simander Pandean. Tentu saja di lapak-lapak tersebut memiliki tempat yang strategis dan memiliki produk yang khas.

Camat Taman tengah Berinteraksi dengan Penjual Selada Air di Lapak Donopuran Taman

Salah satu produk yang dijual di Lapak Donopuran Taman adalah minuman yang sedang “hits” di kalangan anak muda, Dalgona yang dijual dengan harga terjangkau.

Dalgona dengan Harga Terjangkau
Dalgona Coffee

Setelah Donopuran, lapak yang ditinjau berikutnya adalah Lapak Kejuron. Lapak Kejuron memiliki tempat yang sangat strategis karena berada di Lapangan Gulun yang selalu ramai didatangi oleh masyarakat Kota Madiun. Selain makanan, produk yang dijual di lapak ini adalah berbagai kerajinan tangan. Contohnya adalah tanaman dengan media dari serabut kelapa (cocofiber) yang dapat mempercantik rumah dan mengurangi limbah hasil olahan kelapa.

Tanaman dengan Media Cocofiber

Beralih ke lapak Mojorejo. Lapak Mojorejo menyediakan berbagai jenis makanan tradisional seperti nasi bakar, nasi kuning, nasi kebuli ayam dan juga berbagai makanan ringan.

Produk Lapak PKK Mojorejo
Penjelasan Lapak oleh Pengelola

Selain lapak yang berada di tengah keramaian, di wilayah Kecamatan Taman juga tersedia lapak yang bernuansa alam, yaitu lapak Manisrejo yang berada di area persawahan. Udara di lapak ini dapat menyegarkan pikiran setelah beraktivitas. Selain itu juga sangat cocok di jadikan tempat selfi bagi kaum milenial. Setiap hari di sekitar lapak ini digunakan berolahraga dan bermain oleh masyarakat.

Lapak Manisrejo di Kawasan Persawahan
Tempat Selfi

Terakhir adalah lapak Pandean atau Simander. Kata Simander sendiri merupakan singkatan dari Simpang Lima Bunderan. Tempat ini sangat strategis karena berada dekat dengan kantor Kecamatan Taman, tepatnya di simpang lima Jl. Serayu. Diharapkan untuk waktu berikutnya tampilan dari lapak ini menjadi lebih menarik sehingga lebih banyak masyarakat yang berkunjung ke lapak ini.

Pengarahan dari Camat Taman
Penyiapan Nasi Pecel Pincuk

Semoga dengan adanya lapak UMKM di masing-masing kelurahan dapat mendorong ekonomi mikro masyarakat sehingga dapat tetap memiliki penghasilan di masa pandemi ini.

Doc : Mita / Feisal

Leave a Reply