PPID Kec. Taman

KECAMATAN TAMAN

KOTA MADIUN

 

  1. PROFIL BADAN PUBLIK
  2. ALAMAT

Kecamatan Taman beralamat di Jl. Taman Praja No. 99 Madiun Nomor Telp. 0351-463297 Kode Pos 63133

Sumber daya manusia yang ada di Kecamatan Taman adalah menyangkut keberadaan personil/ Perangkat Kecamatan sebanyak 25 orang yaitu 1 orang (Camat), 1 Sekcam, 3 Sub Bagian, 5 Kasi, dan 15 staf. Sehubungan dengan hal tersebut Perangkat Kecamatan merupakan pelayan masyarakat secara administratif terbentuk dalam organisasi sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 07 Tahun 2008 tentang Pembentukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kecamatan mencakup :

  1. Camat;
  2. Sekretaris Kecamatan;
  3. Sub Bagian Umum;
  4. Sub Bagian Perencanaan dan Kepegawaian;
  5. Sub Bagian Keuangan;
  6. Seksi Tata Pemerintahan;
  7. Seksi Pemberdayaan Masyarakat;
  8. Seksi Pembangunan;
  9. Seksi Ketentraman dan Ketertiban;
  10. Seksi Kesejahteraan Sosial;
  11. Kelompok Jabatan Fungsional;
  12. Staf

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Tugas Pokok dan Fungsi :

Adapun uraian tugas pokok dan fungsi jabatan dari Kecamatan seperti yang tercantum dalam Peraturan Walikota Madiun Nomor 56 Tahun 2008 disebutkan sebagai berikut :

  1. Camat
  2. Tugasnya adalah menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan serta urusan pemerintahan lainnya yang dilimpahkan oleh Walikota.
  3. Fungsinya adalah :
  4. pengoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  5. pengoordinasian upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
  6. pengoordinasian penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan;
  7. pengoordinasian pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
  8. pengoordinasian penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan;
  9. pembinaan penyelenggaraan pemerintahan kelurahan;
  10. pelaksanaan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan/atau yang belum dapat dilaksanakan pemerintahan kelurahan;
  11. pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Walikota.

 

  1. SEKRETARIAT
  2. Sekretariat adalah sekretaris kecamatan.
  3. Tugasnya adalah melaksanakan kebijakan pelayanan administrasi kepada semua unsur dilingkungan kecamatan meliputi perencanaan, pengelolaan administrasi umum, rumah tangga, kepegawaian dan administrasi keuangan.

 

 

 

  1. Fungsinya adalah :
  2. pelaksanaan penyusunan perencanaan program dan evaluasi pelaksanaan tugas-tugas pada Sekretariat;
  3. pengkoordinasian penyusunan program dan penyelenggaraan tugas-tugas seksi secara terpadu serta tugas pelayanan administratif;
  4. pengelolaan administrasi umum dan rumah tangga;
  5. pengelolaan administrasi kepegawaian dan administrasi keuangan dilingkungan kecamatan;
  6. pelaksanaan perencanaan kegiatan pelayanan kepada masyarakat;
  7. pelaksanaan percepatan pencapaian standar pelayanan minimal di wilayah kecamatan;
  8. pelaksanaan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat di kecamatan;
  9. pelaksanaan evaluasi terhadap pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat di kecamatan;
  10. penyusunan bahan laporan pelaksanaan kegiatan pelayanan masyarakat di wilayah kecamatan kepada Walikota;
  11. pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Camat.

 

Sekretariat mempunyai 3 Sub Bagian yang terdiri dari :

  1. Sub Bagian Umum

Tugas-tugasnya adalah :

  1. melakukan penyusunan perencanaan program dan evaluasi pelaksanaan tugas-tugas pada Sub Bagian Umum;
  2. melakukan urusan surat menyurat dan tata kearsipan;
  3. melakukan urusan rumah tangga, protokoler, upacara dan rapat dinas;
  4. melakukan urusan keamanan kantor;
  5. melakukan urusan pengendalian tata usaha pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, pengadministrasian dan perawatan barang-barang inventaris sesuai ketentuan yang berlaku;
  6. melakukan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris.

 

 

 

  1. Sub Bagian Perencanaan dan Kepegawaian
  2. menyusun perencanaan program dan evaluasi pelaksanaan tugas-tugas pada Sub Bagian Perencanaan dan Kepegawaian;
  3. mengoordinasikan penyusunan perencanaan program, evaluasi dan pelaporan dilingkungan kecamatan;
  4. menyusun, mengolah dan memelihara data administrasi kepegawaian serta data kegiatan yang berhubungan dengan kepegawaian dilingkungan kecamatan;
  5. melakukan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris.
  6. Sub Bagian Keuangan
  7. menyusun perencanaan program dan evaluasi pelaksanaan tugas-tugas pada Sub Bagian Keuangan;
  8. mengoordinasikan dan menghimpun bahan-bahan untuk keperluan penyusunan rencana kerja anggaran;
  9. melaksanakan penatausahaan keuangan dan pertanggungjawaban keuangan;
  10. melakukan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris.

 

  1. SEKSI TATA PEMERINTAHAN
  2. Seksi Tata Pemerintahan adalah Kepala Seksi Tata Pemerintahan.
  3. Tugas – tugasnya adalah :
  4. menyusun perencanaan program dan evaluasi pelaksanaan tugas-tugas pada Seksi Tata Pemerintahan;
  5. melakukan koordinasi dan sinkronisasi perencanaan dengan satuan kerja perangkat daerah dan instansi vertikal dibidang penyelenggaraan kegiatan pemerintahan;
  6. melakukan evaluasi penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan;
  7. melakukan tugas-tugas di bidang pertanahan, kependudukan dan pencatatan sipil sesuai ketentuan yang berlaku;
  8. menyiapkan bahan laporan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan kepada Walikota;
  9. melakukan koordinasi dalam rangka pembinaan dan pengawasan tertib administrasi kelurahan;
  10. memberikan bimbingan, supervisi, fasilitas dan konsultasi pelaksanaan administrasi kelurahan;
  11. melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap kelurahan;
  12. melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap perangkat kelurahan;
  13. melakukan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Camat.

 

  1. SEKSI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
  2. Seksi Pemberdayaan Masyarakat adalah Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat.
  3. Tugas – tugasnya adalah :
  4. menyusun perencanaan program dan evaluasi pelaksanaan tugas-tugas pada Seksi Pemberdayaan Masyarakat;
  5. mendorong partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam perencanaan pembangunan dilingkup kecamatan dalam forum musyawarah perencanaan pembangunan dikelurahan dan kecamatan;
  6. melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap keseluruhan unit kerja baik pemerintah maupun swasta yang mempunyai program kerja dan kegiatan pemberdayaan masyarakat diwilayah kerja kecamatan;
  7. melakukan evaluasi terhadap berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat di wilayah kecamatan baik yang dilakukan oleh unit kerja pemerintah maupun swasta;
  8. melakukan tugas-tugas lain di bidang pemberdayaan masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  9. menyiapkan bahan laporan pelaksanaan tugas pemberdayaan masyarakat di wilayah kerja kecamatan kepada Walikota dengan tembusan kepada satuan kerja perangkat daerah yang membidangi urusan pemberdayaan masyarakat;
  10. melakukan tugas-tugas lain yang diberikan Camat.

 

  1. SEKSI KETENTRAMAN  DAN  KETERTIBAN
  2. Seksi Ketentraman dan Ketertiban adalah Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban.
  3. Tugas – tugasnya adalah :
  4. menyusun perencanaan program dan evaluasi pelaksanaan tugas-tugas pada Seksi Ketentraman dan Ketertiban;
  5. melakukan koordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja, Kepolisian dan TNI mengenai program dan kegiatan penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum di wilayah kecamatan;
  6. melakukan koordinasi dengan pemuka agama yang berada di wilayah kerja kecamatan;
  7. menyiapkan bahan laporan pelaksanaan pembinaan ketentraman dan ketertiban kepada Walikota;
  8. melakukan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah yang tugas dan fungsinya di bidang penerapan peraturan perundang-undangan;
  9. melakukan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah yang tugas dan fungsinya di bidang penegakan peraturan perundang-undangan dan Kepolisian;
  10. menyiapkan laporan pelaksanaan dan penegakan peraturan perundang-undangan di wilayah kerja kecamatan kepada Walikota;
  11. melakukan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Camat.

 

  1. SEKSI KESEJAHTERAAN SOSIAL
  2. Seksi Kesejahteraan Sosial adalah Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial.
  3. Tugas – tugasnya adalah :
  4. menyusun perencanaan program dan evaluasi pelaksanaan tugas-tugas pada Seksi Kesejahteraan Sosial;
  5. melaksanakan program dan pembinaan sosial, bantuan dan pelayanan sosial;
  6. melakukan pembinaan di bidang kepemudaan, peranan wanita dan kegiatan olah raga;
  7. melaksanakan program dan pembinaan kehidupan keagamaan, pendidikan dan kebudayaan;
  8. melakukan pembinaan terhadap penderita cacat, tuna karya, tuna susila, tuna wisma dan panti asuhan;
  9. menyiapkan laporan pelaksanaan program di bidang kesejahteraan sosial kepada Walikota;
  10. melakukan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Camat.

 

  1. JABATAN FUNGSIONAL

Kelompok Fungsional adalah sejumlah tenaga dalam jenjang Jabatan Fungsional yang terbagi kelompok sesuai dengan keahliannya dan berdasarkan kebutuhan dan beban kerja.

  1. Staf

 

Untuk Struktur Organisasi Pemerintah Kecamatan Taman menurut ketentuan Peraturan Daerah Kota Madiun Nomor 07 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kecamatan dan Kelurahan dan melaksanakan tugas dan pekerjaan sesuai dengan Peraturan Walikota Madiun No. 56 Tahun 2008 tentang Rincian Tugas dan Fungsi pada Kecamatan.

Kecamatan Taman dipimpin oleh Camat, dan dibantu oleh Pegawai Kecamatan yang terdiri dari : 1 orang Sekretaris Kecamatan, 3 Kepala Sub Bagian ( 1 Orang Sub Bagian Umum; 1 Orang Sub Bagian perencanaan dan Kepegawaian dan 1 Orang Sub Bagian Keuangan) dan 5 Orang Kepala Seksi yaitu Seksi Tata Pemerintahan, Seksi Pemberdayaan Masyarakat, Seksi Pembangunan, Seksi Kesejahtreraan Sosial dan Seksi Keamanan dan Ketertiban.

 

–  Eselon

Jumlah  Eselon IIIa                                        :         1 Orang

Jumlah  Eselon IIIb                                        :         1 Orang

Jumlah  Eselon IVa                                        :         5 Orang

Jumlah  Eselon IVb                                       :         3 Orang

 

 

–  Kepangkatan

Golongan  IV                                                  :         2  Orang

Golongan  III                                                  :       9  Orang

Golongan  II                                                   :         7  Orang

Golongan  I                                                    :         3  Orang

–  Tingkat  Pendidikan

– Pasca Sarjana ( S2 )                                    :         1  Orang

– Sarjana ( S1 )                                              :         4  Orang

– Diploma                                                      :         2  Orang

– SMU / SMA                                                :       11  Orang

– SLTP                                                          :         3  Orang

 

–  Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan

– Diklat  Pimpinan  IV                                  :         8  Orang

– Diklat Pimpinan III                                     :         2  Orang

 

Daftar Pegawai Kecamatan Taman  yaitu :

NO NAMA / NIP JABATAN STATUS PANGKAT/ GOLONGAN/ RUANG PENDI-DIKAN
1. DORIS EKO P, S.STP, MSi CAMAT PNS Pembina (IV/a) S-2
2. M. TONNY WIWEKO A, SH SEKCAM PNS Pembina (IV/a) S-1
3. EDY BAMBANG SARIYANTO Kasi Pemerintahan PNS Penata Tk. I (III/d) SMA
4. ISMAYANI Kasi. Kesos PNS Penata Tk. I (III/d) D-3
5. SRI SULISTYOWATI Kasi. Pemas PNS Penata Tk. I (III/d) D-3
6. SUDARMINTO Kasi Trantib PNS Penata Tk. I (III/d) SMA
7. DWI KUSHARINI, SH Kasi Pembangunan PNS Penata Tk. I (III/d) S-1
8. Dra. MURSUDARINAH Kasubag. Perencanaan PNS Penata Tk. I (III/d) S-1
9. PARSINI Kasubag. Keuangan PNS Penata Tk. I (III/d) SMA
10. SRI HERNI SUYATI, SE Kasubag Umum PNS Penata Muda Tk. I (III/b) S-1
11. RHODIAH Staf PNS Penata Muda Tk. I (III/b) SMA
12. DIAH LUSI INDRIATI STAF PNS Pengatur Tk. I (II/d) SMA
13. DIDIK KARMAHENDRA STAF PNS Penagtur Tk. I (II/d) SMA
14. SUPRAPTI STAF PNS Pengatur Tk. I (II/d) SMA
15. CHOZIMATUL ASROR STAF PNS Pengatur (II/c) SMA
16. RIBUT UTAMI STAF PNS Pengatur Muda (II/a) SMA
17. SEPTI DWI ERNAWATI STAF PNS Pengatur Muda (II/a) SMA
18. NUR IKHSAN STAF PNS Pengatur Muda (II/a) SMA
19. KASIRIN STAF PNS Juru Tk. I (I/d) SMP
20. PURNOMO STAF PNS Juru Tk. I (I/d) SMP
21. WIDIATMOKO STAF PNS Juru Tk. I (I/d) SMP

 

  1. Dasar Hukum :
    1. Peraturan Daerah Kota Madiun Nomor 02 Tahun 2008 tentang Urusan Pemerintahan yang menjadi Kewenangan Pemerintahan Kota Madiun;
    2. Peraturan Daerah Kota Madiun Nomor 07 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kecamatan dan Kelurahan.
    3. Peraturan Walikota Madiun Nomor 56 Tahun 2008 tentang Rincian Tugas Pokok dan Fungsi Kecamatan;
    4. Peraturan Walikota Madiun Nomor 24 Tahun 2010 tentang Pelimpahan sebagian Urusan Pemerintahan dari Walikota kepada Camat dan Lurah.

 

 

  1. PROGRAM DAN KEGIATAN
  1. Nama Program : Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Kelurahan

Kegiatan   :   Pelaksanaan Musyawarah Pembangunan Desa.

Target       :   10 kali

Sumber Dana APBD 2016 sebesar Rp. 175.000.000,-

  1. Nama Program :   Peningkatan Keberdayaan Masyarakat Pedesaan/Kelurahan

Kegiatan   :   Penguatan Lembaga Kemasyarakatan

Target       :   1 kali

Sumber Dana APBD 2016 sebesar Rp. 205.000.000,-

  1. Nama Program :   Pemberdayaan Masyarakat untuk menjaga keamanan dan Ketertiban.

Kegiatan   :   Koordinasi peningkatan Keamanan dan Ketertiban masyarakat.

Target       :   Kehadiran Peserta 100 %

Sunber Dana APBD 2016 sebesar Rp. 110.000.000,-

  1. Nama Program :   Pengelolaan Keragaman Budaya

Kegiatan   :   Fasilitasi Perkembangan Keragaman Budaya

Target  :   Kehadiran Undangan 100%

Sumber Dana APBD 2016 sebesar Rp. 160.000.000,-

  1. Nama Program :   Pembinaan dan Pemasyarakatan Olah Raga

Kegiatan   :   Peningkatan Kesegaran Jasmani dan Rekreasi

Target       :   2 Kali

Sumber Dana APBD 2016 sebesar Rp. 275.000.000,-

  1. Nama Program :   Pelayanan Administrasi Perkantoran

Kegiatan   :   1.   Penyediaan Jasa Peralatan dan Perlengkapan Kantor.

Target :   10 Paket

Dana   :   Rp. 1.126.158.000,-

  1. Koordinasi dan Konsultasi Keluar daerah

Target  :   19 kali

Dana   :   Rp. 106.155.000,-

  1. Nama Program :     Pemeliharaan Barang Milik Daerah

Kegiatan   :   1.   Pemeliharaan rutin/berkala gedung dan Bangunan

Target  :   10 kali

Dana   :   Rp. 51.150.000,-

  1. Pemeliharaan Rutin/Berkala kendaraan dinas

Target    :   1 mobil

Dana     :   Rp. 36.256.000,-

  1. Pemeliharaan Rutin/Berkala Sarana Dan Prasarana Kantor

Target    :   10 Paket

Dana     :   Rp. 71.830.000,-

  1. Nama Program :     Peningkatan Sarana Dan Prasarana Aparatur.

Kegiatan   :   1.   Peningkatan Sarana dan Prasarana Kantor

Target  :   2 Paket

Dana   :   Rp. 400.000.000,-

  1. Rehab/Pembangunan gedung dan bangunan

Target  :   1

Dana   :   200.000.000,-

  1. Nama Program   :     Peningkatan pengembangan sistem pelaporan capaian kinerja dan keuangan.

Kegiatan   :   1.   Penyusunan Laporan Capaian kinerja dan ikhtisar realisasi Kinerja SKPD.

Target    :   Jumlah Dokumen 5 buku

Dana     :   Rp. 30.000.000,-

  1. Penyusunan buku profil kelurahan dan monografi Kecamatan dan Kelurahan.

Target    :   Jumlah Dokumen 2

Dana     :   Rp. 65.000.000,-

  1. Penyusunan Buku Kecamatan Dalam Angka

Target    :   Jumlah Dokumen 1 buku

Dana     :   Rp. 25.000.000,-

  1. Nama Program :     Optimalisasi pemungutan PBB

Kegiatan   :   Koordinasi Pengamanan Penerimaan PBB

Target       :   Persentase Penyampaian SPPT

Dana         :   Rp.  173.602.000,-

 

 

III. KINERJA PELAYANAN KECAMATAN TAMAN

Kinerja pelayanan Kecamatan Taman adalah sebagai koordinator penyelenggara urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan  sebagaimana diatur dalam Peraturan Walikota Madiun Nomor 56 Tahun 2008.

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Madiun Nomor 07 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kecamatan dan Kelurahan disebutkan bahwa Kecamatan merupakan perangkat daerah sebagai pelaksana teknis kewilayahan yang mempunyai wilayah kerja tertentu dan dipimpin oleh Camat.

Secara geografis Kecamatan Taman memiliki luas wilayah  12,46 km2 yang merupakan bagian dari wilayah Kota Madiun yang terletak pada koordinat 111º-112º bujur timur dan 7º sampai 8º lintang selatan, dan mempunyai batas wilayah sebagai berikut :

  1. Sebelah Utara :   Kecamatan Kartoharjo
  2. Sebelah Selatan :   Dagangan dan Geger Kab. Madiun
  3. Sebelah Barat :   Kecamatan Manguharjo
  4. Sebelah Timur :   Kecamatan Wungu Kab. Madiun

Dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan Kecamatan Taman mempunyai wilayah yang dibagi dalam 9 Kelurahan yang masing-masing dipimpin oleh seorang lurah, 9 (sembilan) Kelurahan yang menjadi bagian dari wilayah Kecamatan Taman tersebut adalah sebagaimana dalam tabel berikut :

DAFTAR NAMA KELURAHAN SE WILAYAH KECAMATAN TAMAN

DAN LUAS WILAYAHNYA

 

No. KELURAHAN LUAS WILAYAH
KM2 %
1. BANJAREJO 1,85 14,69
2. MANISREJO 2,02 16,21
3. MOJOREJO 1,26 10,11
4. KEJURON 1,59 12,76
5. TAMAN 1,33 8,51
6. PANDEAN 0,92 7,38
7. JOSENAN 1,54 12,36
8. KUNCEN 0,32 2,57
9. DEMANGAN 1,92 15,41
  LUAS TOTAL WILAYAH 12,46 100

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CAPAIAN KINERJA PELAYANAN KECAMATAN TAMAN KOTA MADIUN

  1. Urusan Pemberdayaan Masyarakat

Program dan kegiatan pada penyelenggaraan urusan Pemberdayaan masyarakat yang direalisasikan oleh Kecamatan Taman Kota Madiun pada Periode 2009 sampai dengan 2014 adalah Program Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Membangun Kelurahan dilaksanakan melalui kegiatan Pelaksanaan Musyawarah Pembangunan Desa . Kegiatan ini sebagai upaya untuk menghasilkan perencanaan pembangunan Kecamatan yang akomodatif dengan melibatkan seluruh stakeholder diwilayah kecamatan yang dimulai dari musrenbang tingkat Kelurahan hingga kecamatan.

  1. Urusan Kesatuan Bangsa dan Politik

Kecamatan Taman dalam rangka untuk menyelenggarakan system keamanan yang mampu melindungi masyarakat dari gangguan keamanan dan ketertiban dengan mendayagunakan secara optimal segenap komponen kekuatan keamanan di wilayah Kecamatan Taman.

Bentuk pelayanan yang harus diberikan kepada masyarakat adalah menjamin terjaganya kondisi yang tertib dan aman bagi masyarakat sehingga dapat menyelenggarakan kehidupan sehari-hari.

Program dan kegiatan pada penyelenggaraan urusan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri pada tahun 2009-2014, adalah Program Pendidikan Politi Masyarakat.

 

 

  1. Urusan Otonomi Daerah

Dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang bersih, berwibawa, dan transparan dengan melaksanakan prinsip-prinsip good and clean governance pada penyelenggaraan urusan otonomi daerah, pemerintahan umum, adminsitrasi keuangan diarahkan untuk mencapai tujuan meningkatnya kelembagaan dan regulasi yang efisien dan efektif, responsif, profesional, akuntabel, visioner dan transparan dengan sasaran meningkatnya kinerja pelaksanaan, pengawasan, evaluasi dan hasil-hasil pembangunan dan meningkatnya kerjasama dalam pembangunan daerah.

Program Kegiatan pada penyelenggaraan urusan otonomi daerah yang dilaksanakan oleh Kecamatan Taman Kota Madiun adalah sebagai berikut :

  • Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
  • Program Pemeliharaan Barang Milik Daerah
  • Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur
  • Program Pembangunan Daerah
  • Program Perencanaan Pembangunan Daerah
  • Program Pengembangan dan Pembinaan Aparatur
  • Program Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi
  1. Urusan Sosial Budaya, Pemuda dan Olah Raga

Kecamatan Taman dalam pelayanan urusan Pemuda dan Olah Raga yang dilaksanakan adalah program yang mendukung tercapainya sasaran peningkatan peran aktif pemuda dalam menunjang pola hidup sehat pada masyarakat.

Program dan kegiatan pada penyelenggaraan urusan Pemuda dan Olah Raga yang direalisasikan oleh Kecamatan Taman Kota Madiun adalah program Peningkatan Peran Serta Kepemudaan dilaksanakan melalui kegiatan Fasilitasi Aksi Bhakti Sosial Kepemudaan. Kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan peran serta aktif masyarakat dalam membangun pola hidup sehat melalui olah raga jalan santai. Sedangkan guna mengajak masyarakat lebih mencintai budaya sendiri maka Kecamatan Taman memiliki Program Peningkatan Keragaman Budaya Daerah dengan Kegiatan sebagai berikut :

  • Peningkata Kesegaran Jasmani dan Rekreasi
  • Fasilitasi Peningkatan Perkembangan Keanekaragaman Budaya Daerah
  1. Urusan Statistik

Kecamatan Taman dalam upaya untuk mewujudkan Visi dan Misi Pemerintah Kota Madiun yaitu untuk memajukan Kota Madiun dan mensejahterakan masyarakat, Kecamatan Taman melaksanakan kegiatan pada urusan Statistik dengan tujuan memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal khusunya dalam penyajian data – data agar semua pihak dapat memperoleh gambaran yang sama. Adapun sasaran dari urusan statsitik di Kecamatan Taman adalah penyampaian data atau informasi kuantitatf terhadap potensi yang dimiliki dan tingkat perkembangan kelurahan-kelurahan di wilayah Kecamatan Taman sebagai acuan dalam penyusunan perencanaan, pengawasan dan evaluasi dalam pelaksanaan pembangunan.

Untuk mewujudkan tujuan dan sasaran dalam urusan statistik maka Program dan Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kecamatan Taman adalah Program Pengembangan Data/Informasi/Statistik Daerah dengan Kegiatan sebagai berikut :

  • Kegiatan Penyusunan Buku Dalam Angka
  • Kegiatan Penyusunan Buku Profil dan Monografi Kecamatan dan Kelurahan.

Pengukuran Kinerja Pelayanan Kecamatan Taman selain dilakukan dengan mengukur tingkat capaian kinerja SKPD dalam melaksanakan tugas pokok fungsinya berdasarkan sasaran /target renstra SKPD dalam melaksanakan tugas pokok fungsinya berdasarkan sasaran